.. KURIKULUM 2013, KENAPA TIDAK !? POSTING BARU NIH ....

NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG

Apa yang dimaksud dengan Negara Maju dan Negara Berkembang ? Serta Apakah ciri-ciri Negara Maju dan Negara Berkembang

SIT BINA INSANI SERANG-BANTEN

Yayasan Bina Insani. Selengkapnya : http://sitbinainsani.com/

JARINGAN SEKOLAH ISLAM TERPADU BANTEN

Terus semangat memajukan mutu pendidikan yang berkarakter (berakhlaq)

PENYEBARAN JENIS TANAH DI INDONESIA

Persebaran jenis tanah di Indonesia dan pemanfaatannya serta kondisi penduduk yang menempati lingkungan dengan jenis tanah tersebut

PIRAMIDA PENDUDUK

Bentuk Piramida Penduduk dan jenis-jenis Piramida. Apa fungsi dan manfaat Piramida Penduduk ? Yuk cari tahu !

PENYEBARN FLORA DAN FAUNA

Persebaran fauna di Indonesia berkaitan dengan sejarah geologis Kepulauan Indonesia.

INTERPRETASI PETA TOPOGRAFI

Peta topografi adalah peta yang menggambarkan tinggi rendahnya muka bumi. Dari peta topografi kita dapat mengetahui ketinggian suatu tempat secara akurat.

INFO UTAMA

UNTUK SISWA BARU KELAS 7, SELAMAT BERGABUNG DI BELAJAR IPS ONLINE
Untuk Kelas 8 dan 9, stay tune di blog ini ! Mengawali belajar IPS kita tahun ajaran baru ini, ada baiknya kalian mengetahui materi-materi yang akan kita pelajari hingga Ujian Akhir Semester Ganjil ini.
Apa saja ? ===> Silahkan klik di bawah ini :

FUNGSI GUNUNG BAGI KEBERADAAN BUMI

Al Qur’an mengarahkan perhatian kita pada fungsi geologis penting dari gunung.

وَجَعَلْنَا فِي الْأَرْضِ رَوَاسِيَ أَنْ تَمِيدَ بِهِمْ وَجَعَلْنَا فِيهَا فِجَاجًا سُبُلًا لَعَلَّهُمْ يَهْتَدُونَ

"Dan telah Kami jadikan di bumi ini gunung-gunung yang kokoh supaya bumi itu (tidak) goncang bersama mereka dan telah Kami jadikan (pula) di bumi itu jalan-jalan yang luas, agar mereka mendapat petunjuk." (QS Al-Anbiya' : 31)

Sebagaimana terlihat, dinyatakan dalam ayat tersebut bahwa gunung-gunung berfungsi mencegah goncangan di permukaan bumi.

Kenyataan ini tidaklah diketahui oleh siapapun di masa ketika Al Qur’an diturunkan. Nyatanya, hal ini baru saja terungkap sebagai hasil penemuan geologi modern.

Menurut penemuan ini, gunung-gunung muncul sebagai hasil pergerakan dan tumbukan dari lempengan-lempengan raksasa yang membentuk kerak bumi. Ketika dua lempengan bertumbukan, lempengan yang lebih kuat menyelip di bawah lempengan yang satunya, sementara yang di atas melipat dan membentuk dataran tinggi dan gunung. Lapisan bawah bergerak di bawah permukaan dan membentuk perpanjangan yang dalam ke bawah. Ini berarti gunung mempunyai bagian yang menghujam jauh ke bawah yang tak kalah besarnya dengan yang tampak di permukaan bumi.Dalam tulisan ilmiah, struktur gunung digambarkan sebagai berikut:

Pada bagian benua yang lebih tebal, seperti pada jajaran pegunungan, kerak bumi akan terbenam lebih dalam ke dalam lapisan magma. (General Science, Carolyn Sheets, Robert Gardner, Samuel F. Howe; Allyn and Bacon Inc. Newton, Massachusetts, 1985, s. 305)

Dalam sebuah ayat, peran gunung seperti ini diungkapkan melalui sebuah perumpamaan sebagai "pasak":

أَلَمْ نَجْعَلِ الْأَرْضَ مِهَادًا # وَالْجِبَالَ أَوْتَادًا

"Bukankah Kami telah menjadikan bumi itu sebagai hamparan?, dan gunung-gunung sebagai pasak?" (QS An-Naba' : 6-7)

Dengan kata lain, gunung-gunung menggenggam lempengan-lempengan kerak bumi dengan memanjang ke atas dan ke bawah permukaan bumi pada titik-titik pertemuan lempengan-lempengan ini. Dengan cara ini, mereka memancangkan kerak bumi dan mencegahnya dari terombang-ambing di atas lapisan magma atau di antara lempengan-lempengannya. Singkatnya, kita dapat menyamakan gunung dengan paku yang menjadikan lembaran-lembaran kayu tetap menyatu.

Fungsi pemancangan dari gunung dijelaskan dalam tulisan ilmiah dengan istilah "isostasi". Isostasi bermakna sebagai berikut:

Isostasi: kesetimbangan dalam kerak bumi yang terjaga oleh aliran materi bebatuan di bawah permukaan akibat tekanan gravitasi. (Webster's New Twentieth Century Dictionary, 2. edition "Isostasy", New York, s. 975)

Peran penting gunung yang ditemukan oleh ilmu geologi modern dan penelitian gempa, telah dinyatakan dalam Al Qur’an berabad-abad lampau sebagai suatu bukti Hikmah Maha Agung dalam ciptaan Allah.

وَجَعَلْنَا فِي الْأَرْضِ رَوَاسِيَ أَنْ تَمِيدَ بِهِمْ وَجَعَلْنَا فِيهَا فِجَاجًا سُبُلًا لَعَلَّهُمْ يَهْتَدُونَ

"Dan telah Kami jadikan di bumi ini gunung-gunung yang kokoh supaya bumi itu (tidak) goncang bersama mereka dan telah Kami jadikan (pula) di bumi itu jalan-jalan yang luas, agar mereka mendapat petunjuk." (QS Al-Anbiya' : 31)

#sumber
keajaibanalquran.com

PKN KELAS 9


BAB 1 (Download)
PARTISIPASI DALAM USAHA PEMBELAAN NEGARA
A. Pentingnya Usaha Pembelaan Negara
B. Bentuk-bentuk Usaha Pembelaan Negara
C. Peran Serta dalam Usaha Pembelaan Negara

BAB 2 (Download)
PELAKSANAAN OTONOMI DAERAH
A. Otonomi Daerah
B. Partisipasi Masyarakat dalam Perumusan Kebijakan Publik

BAB 3 (Download)
DAMPAK GLOBALISASI DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT, BERBANGSA, DAN BERNEGARA
A. Pengertian dan Pentingnya Globalisasi bagi Indonesia
B. Politik Luar Negeri dalam Hubungan Internasional di Era Global
C. Dampak Globalisasi Terhadap Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara

BAB 4 (Download)
PRESTASI DIRI
A. Prestasi Diri Bagi Keunggulan Bangsa
B. Hubungan Potensi Diri dan Prestasi Diri Untuk Berprestasi Sesuai Kemampuan
c. Peran Serta dalam Berbagai Aktivitas untuk Mewujudkan Prestasi Diri Sesuai Kemampuan demi Keunggulan Bangsa


DOWNLOAD MATERI PKN
KELAS 7
KELAS 8


Sumber : BSE Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IX : A.T Sugeng Priyanto, Djaenudin Harun, Anang Priyanto, Cholisin, Muchson A.R, Dadang Sundawa, Rr. Nanik Setyowati : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional : 2008

PKN KELAS 8


BAB 1 (Download)
PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI DAN DASAR NEGARA
A. Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Ideologi Negara
B. Nilai-nilai Pancasila Sebagai Ideologi Negara dan Dasar Negara
C. Sikap Positif Terhadap Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara

BAB 2 (Download)
KONSTITUSI YANG PERNAH DIGUNAKAN DI INDONESIA
A. Konstitusi-konstitusi yang Pernah Berlaku Di Indonesia
B. Penyimpangan-penyimpangan Terhadap Konstitusi
C. Hasil-hasil Perubahan UUD 1945
D. Sikap Positif Terhadap Pelaksanaan UUD 1945 Hasil Perubahan

BAB 3 (Download)
KETAATAN TERHADAP PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN
A. Tata Urutan Peraturan Perundang-undangan Nasional
B. Proses Pembuatan Peraturan Perundang-undangan Nasional
C. Mentaati Peraturan Perundang-undangan Nasional
D. Kasus dan Upaya Pemberantasannya di Indonesia
E. Mendeskripsikan Pengertian Anti Korupsi dan Instrumen (Hukum dan Kelembagaan) Anti Korupsi di Indonesia

BAB 4 (Download)
PELAKSANAAN DEMOKRASI DALAM BERBAGAI ASPEK KEHIDUPAN
A. Hakikat Demokrasi dan Macam-macam Demokrasi
B. Kehidupan yang Demokratis Dalam Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara
C. Sikap Positif Terhadap Pelaksanaan Demokrasi dalam Berbagai Kehidupan

BAB 5 (Download)
KEDAULATAN RAKYAT DALAM SISTEM PEMERINTAH INDONESIA
A. Makna Kedaulatan Rakyat
B. Peran Lembaga Negara Sebagai Pelaksana Kedaulatan Rakyat dalam Sistem Pemerintahan Indonesia
C. Sikap Positif Terhadap Kedaulatan Rakyat dalam Sistem Pemerintahan Indonesia


DOWNLOAD MATERI PKN
KELAS 7
KELAS 9



Sumber : BSE Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VIII; Dadang Sundawa, Anang Priyanto
Djaenudin Harun, Rr. Nanik Setyowati, A.T Sugeng Priyanto Ekram P, Cholisin, Rahmat, Muchson A.R ; Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional ; 2008

PKN KELAS 7

BAB 1 (Download)
NORMA-NORMA YANG BERLAKU DALAM KEHIDUPAN, BERMASYARAKAT, BERBANGSA, DAN BERNEGARA
A. Hakikat Norma, Kebiasaan, Adat-istiadat dan Peraturan dalam Masyarakat
B. Peranan Hukum dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara
C. Menetapkan Norma-norma, Kebiasaan, Adat Istiadat, dan Peraturan yang Berlaku dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara

BAB 2 (Download)
MAKNA PROKLAMASI KEMERDEKAAN DAN KONSTITUSI PERTAMA
A. Hakekat dan Makna Proklamasi Kemerdekaan
B. Suasana Kebatinan Konstitusi Pertama
C. Hubungan Antara Proklamasi Kemerdekaan dan UUD 1945
D. Sikap Positif Terhadap Makna Proklamasi Kemerdekaan dan Suasana Kebatinan Konstitusi Pertama

BAB 3 (Download)
PERLINDUNGAN DAN PENEGAKAN HAK ASASI MANUSIA
A. Hakekat Hak Asasi Manusia
B. Hukum dan Kelembagaan Hak Asasi Manusia
C. Kasus Pelanggaran dan Upaya Penegakan Hak Asasi Manusia
D. Menghargai Upaya Perlindungan Hak Aasasi Manusia
E. Menghargai Upaya Penegakan Hak Asasi Manusia

BAB 4 (Download)
KEMERDEKAAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT
A. Hakekat Kemerdekaan Mengemukakan Pendapat
B Pentingnya Kemerdekaan Mengemukakan Pendapat Secara Bebas dan Bertanggungjawab
C. Aktualisasi Kemerdekaan Mengemukakan Pendapat Secara Bebas dan Bertanggungjawab


DOWNLOAD MATERI PKN
KELAS 8
KELAS 9

Sumber : BSE Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VII Edisi IV; A.T Sugeng Priyanto, Djaenudin Harun, Anang Priyanto, Cholisin, Muchson A.R, Dadang Sundawa, Rr. Nanik Setyowati; Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional : 2008



LATIHAN SOAL : FISIK DAN WILAYAH INDONESIA


Kumpulan Soal
Garis yang sejajar  dengan  garis khatulistiwa disebut dengan garis ….
a. garis equator           
b. garis lintang
c. garis  bujur              
d.garis greenwich

Garis yang melintang melewati garis khatulistiwa yang menghubungkan kutub selatan dan kutub utara disebut dengan garis ….
a. garis equator                       
b. garis lintang
c. garis  bujur              
d. garis Greenwich

Letak astronomi Indonesia adalah ....
a. 6˚ LU-11˚ LU dan 94˚ BT-141˚ BT
b. 6˚ LU-11˚ LS dan 94˚ BT-141˚ BT
c.  6˚ LS-11˚ LS dan 94˚ BT-141˚ BB
d. 6˚ LU-11˚ LS dan 94˚ BT-141˚ BB

Berikut ini adalah pengaruh dari letak astronomi wilayah Indonesia kecuali …..
a. letak lintangnya menyebabkan Indonesia beriklim tropis.
b. letak bujurnya membagi wilayah Indonesia ke dalam tiga daerah waktu.
c. letak lintangnya menyebabkan Indonesia beriklim subtropis.
d. memiliki dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau

Indonesia secara geografis terletak di antara dua benua, yaitu benua …
a. Asia dan Austria     
b. Asia dan Afrika
c. Asia dan Australia   
d. Asia dan Amerika

Indonesia secara geografis terletak di antara dua benua, yaitu samudera .…
a. Hindia dan Atlantik 
b. Pasifik dan Atlantik
c. Antartika dan Atlantik         
d. Hindia dan Pasifik

Berikut ini adalah pengaruh letak geografis dan astronomis Indonesia terhadap perubahan musim, kecuali …
a. matahari bersinar terus menerus sepanjang tahun.
b. penguapan tinggi, sehingga kelembapan juga tinggi.
c. memiliki curah hujan yang relatif rendah.
d. memiliki wilayah hutan hujan tropis yang cukup lebat.

Yang mempengaruhi musim di Indonesia adalah ….
a. gerak semu matahari
b. gerak semu bulan
c. rotasi bulan terhadap bumi
d.rotasi bumi terhadap matahari

Gerak semu matahari dimana posisi matahari tepat berada di atas khatulistiwa terjadi pada tanggal …
a. 23 Maret dan 23 September
b. 21 Juni dan 22 Desember
c. 23 September dan 22 Desember
d. 23 Maret dan 21 Juni

Peralihan antarmusim yang terjadi di wilayah Indonesia disebut …
a. musim paceklik
b. musim pancaroba
c. musim kering
d. musim peralihan

Angin yang bergerak dari daratan Asia sekitar bulan Oktober – April yang mendatangkan musim hujan disebut angin …
a. monsun barat
b. monsun timur
c. monsun utara
d. monsun selatan

Angin yang bergerak dari daratan Australia sekitar bulan Maret – September yang mendatangkan musim kemarau disebut angin …
a. monsun barat
b. monsun timur
c. monsun utara
d. monsun selatan

Angin Monsun Timur (Tenggara), yang bertiup antara bulan April - Oktober. menyebabkan terjadinya musim kemarau di sebagian besar wilayah Indonesia, karena …
a. hanya memiliki sedikit kandungan air sebab melalui perairan yang relatif sempit.
b. angin berasal dari daerah subtropis yang kering
c. kemampuan angin mengangkut kelembaban air kurang
d. tidak ada daerah perairan yang dilalui angin.

Angin Monsun Barat, yang bertiup antara bulan Maret – September. menyebabkan terjadinya musim hujan di sebagian besar wilayah Indonesia, karena …
a. angin memiliki banyak kandungan air akibat melalui perairan yang cukup luas.
b. angin berasal dari daerah tropis yang basah dan banyak hutan
c. kemampuan angin mengangkut kelembaban air tinggi
d. ada daerah perairan yang dilalui angin.


Perhatikan gambar berikut !
Arah angin yang melalui wilayah Indonesia di atas menyebabkan …
a. musim dingin
b. musim hujan
c. musim kemarau
d. musim panas


PASTI BISA !


KEMBALI KE MATERI

KUMPULAN SOAL GEOGRAFI SMP

KUMPULAN SOAL
GEOGRAFI TINGKAT SMP

KELAS 7
 KELAS 8
 KELAS 9

PENAMPANG MELINTANG BENTUK MUKA BUMI


C. PENAMPANG MELINTANG BENTUK MUKA BUMI
Penampang melintang adalah penampang permukaan bumi yang dipotong secara tegak lurus. Dengan penampang melintang maka dapat diketahui/dilihat secara jelas bentuk dan ketinggian suatu tempat yang ada di muka bumi. Untuk membuat sebuah penampang melintang maka harus tersedia peta topografi sebab hanya peta topografi yang dapat dibuat penampang melintangnya.
Penampang Melintang permukaan daratan
Penampang melintang dasar laut.
Penampang Melintang Tambang Minyak Bumi

Penampang Melintang Gunung Berapi di dasar laut

MATERI  LANJUTAN :



MENGINTERPRETASI PETA TOPOGRAFI




B. MENGINTERPRETASI PETA TOPOGRAFI

Peta topografi adalah peta yang menggambarkan tinggi rendahnya muka bumi. Dari peta topografi kita dapat mengetahui ketinggian suatu tempat secara akurat. Cara menginterpretasikan peta topografi berbeda dengan peta umum karena sImbol-simbol
yang digunakan berbeda.

Pada peta topografi terdapat garis-garis kontur yang menunjukkan relief muka bumi.




Garis kontur pada daerah Puncak Bogor


Peta topografi menunjukkan bentuk-bentuk muka bumi.
Lereng, Cekungan (Depresi), Bukit, Pegunungan



Penggambaran dasar permukaan bumi pada Peta Topografi. Sumber :http://rizkykurniarubianto.files.wordpress.com

 
Peta Topografi Digital


Pada peta topografi terdapat garis-garis kontur yang menunjukkan relief muka bumi. Peta topografi menunjukkan bentuk-bentuk muka bumi. Bentuk-bentuk muka bumi tersebut adalah sebagai berikut.
  • Lereng



Gambar 2. Kenampakan Lereng pada Peta Topografi
  • Cekungan (Depresi)
Cekungan (Depresi) pada peta topografi digambarkan seperti di bawah ini!

Gambar 3. Cekungan atau Depresi
  • Bukit
Bukit pada peta topografi digambarkan seperti di bawah ini.

Gambar 4. Bukit pada Peta Topografi

  • Pegunungan
Pegunungan pada peta topografi digambarkan seperti di bawah ini!

Gambar 5. Kenampakan Pegunungan pada Peta Topografi

MATERI  LANJUTAN :




INTERPRETASI PETA TENTANG BENTUK DAN POLA MUKA BUMI


INTERPRETASI PETA TENTANG BENTUK DAN POLA MUKA BUMI
Meteri ini meliputi :
A. MENGINTERPRETASI  PETA UMUM
B. MENGINTERPRETASI PETA TOPOGRAFI
C. PENAMPANG MELINTANG BENTUK MUKA BUMI

LATIHAN (NEGARA MAJU DAN BERKEMBANG)

LATIHAN

Berilah Tanda Silang a, b, c atau d Pada Jawaban Yang Benar !
Yang tidak termasuk ciri-ciri negara maju adalah ….
a. tergantung pada keadaan alam
b. tingkat pendidikan tinggi
c. tingkat pendapatan tinggi
d. teknologinya modern

Yang termasuk ciri-ciri sedang berkembang adalah ….
a. Ketergantungan pada pihak lain tinggi
b. tingkat pendidikan tinggi
c. tingkat pendapatan tinggi
d. teknologinya modern

Mayoritas negara-negara maju berada di ….
a. selatan
b. utara
c. timur
d. tengah

Berikut ini adalah ciri-ciri negara maju , kecuali ….
a. pendapatan perkapita tinggi
b. angka kematian ibu dan anak tinggi
c. pendidikan dan keterampilan tinggi
d. tidak tergantung pada alam.

Yang bukan ciri-ciri negara berkembang adalah
a. pendapatan perkapita relatif rendah
b. angka kematian ibu dan anak rendah
c. pendidikan dan keterampilan rata-rata rendah
d. sangat tergantung pada alam.

Yang bukan menjadi tolok ukur atau indikator dalam penggolongan negara sebagai negara maju atau negara berkembang adalah ...
a. pendapatan perkapita.
b. jumlah penduduk miskin.
c. tingkat pengangguran.
d. volume eksport-import.

Negara di asia yang termasuk kategaori negara maju adalah …
a. Indonesia dan Malaysia
b. Jepang dan Singapura
c. Thailand dan Myanmar
d. Philipina dan Laos

Pendapatan perkapita adalah ….
a. jumlah pendapatan negara dibagi jumlah import barang
b  jumlah pendapatan pajak negara dibagi jumlah penduduk
c. jumlah pendapatan negara dibagi jumlah penduduk
d. jumlah penduduk dibagi jumlah pendapatan negara

Berikut ini yang merupakan ciri negara berkembang adalah ….
a. produksi berorientasi pada ekspor
b. produksi tidak lagi didominasi oleh barang-barang primer
c. sumber daya alam sudah habis dieksploitasi
d. ketergantungan pada impor hasil industri
Dalam hal penduduk, negara berkembang biasanya ....
a. beban tanggungan tinggi
b. produktivitas tinggi
c. rendahnya pertumbuhan penduduk
d. rendahnya tingkat pengangguran
Suatu negara dapat dikategorikan sebagai negaramaju atau berkembang dapat dilihat dari….
a. luas wilayah negara yang bersangkutan
b. jumlah penduduk negara yang bersangkutan
c. jumlah urbanisasi di negara yang bersangkutan
d. hasil pembangunan di negara yang bersangkutan
Negara maju selalu diidentikkan dengan negara ....
a. industri                           c. agraris
b. kehutanan                     d. maritim
Berikut ini yang merupakan ciri keadaan penduduk di negara berkembang adalah....
a. mata pencaharian utama adalah sektor industri
b. beban tanggungan rendah
c. sebagian besar bermukim di pedesaan
d. angka harapan hidup tinggi
Negara-negara maju antara lain berada di kawasan ….
a. Asia Selatan                   c. Afrika Tengah
b. Amerika Selatan         d. Amerika Utara
Kalau kita perhatikan, negara maju di dunia ini banyak berada di….
a. belahan bumi utara   c. belahan bumi timur
b. belahan bumi selatan               d. kawasan Timur Tengah
Negara berikut ini yang disebut sebagai New Industrializating Countries (NICs) adalah ….
a. Korea Selatan, Singapura, Taiwan, dan Hongkong
b. Jepang, Inggris, Prancis, danAmerika Serikat
c. Korea Utara, Korea Selatan, Singapura, dan Malaysia
d. Korea Selatan, Singapura, Malaysia, dan India
Perhatikan peta berikut ini!
Negara industri di Asia ditunjukkan dalam peta dengan angka ….
a. 1 dan 2                                             c. 4 dan 5
b. 2 dan 3                                            d. 5 dan 6
Kegiatan industri di Jepang terpusat di daerah-daerah tertentu. Di bawah inimerupakan
kawasan industri di Jepang, kecuali ....
a. Keihin                              c. Kimigayo
b. Hanshin                          d. Chukyo

B. Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat dan tepat!
  1. Jelaskan tentang acuan untuk menentukan tingkat pembangunan suatu negara! 
  2. Hal-hal apa saja yang terjadi dalam proses pembangunan? 
  3. Apa saja ciri negara berkembang? 
  4. Apa saja ciri negara maju? 
  5. Jelaskan tentang rendahnya tingkat kehidupan di negara-negara berkembang! 
  6. Ada beberapa faktor yang dikembangkan untuk mendorong suatu negara menjadi negara maju. Jelaskan hal tersebut! 
  7. Apa saja faktor pendukung majunya industri di Jepang? 
  8. Apa saja hasil-hasil industri di negara Belanda? 
  9. Sebutkan kegiatan ekonomi utama di negara Meksiko! 
  10. Sebutkan 4 kelompok suku bangsa di India!
Bisa ??? Harusnya bisa !

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More